Saturday 3 October 2015

Apa penyebab tinja berwarna kuning?



       

       Saat kita buang air kecil maupun besar tinja yang dikeluarkan berwarna kuning
Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

       Saat kita mencerna makanan terdapat proses mekanis dan kimiawi, proses tersebut mengolah sari-sari makanan yang terdapat pada makanan.

Pada saat itu sisa-sisa metabolisme protein masuk ke glomerulus dalam glomerulus terjadi peristiwa penyaringan terhadap zat-zat yang terlarut dalam darah. Zat-zat yang dapat melewati saringan adalah zat-zat yang bermolekul
kecil, seperti air, garam, amonia, urea dan gula. Zat tersebut ditampung di kapsula bowman dan akan diteruskan ke tubulus proksimal.  Dalam tubulus proksimal terjadi penyerapan kembali (Reabsorbsi).  Zat-zat yang masih diperlukan (air,garam,dan gula). Sedangkan zat-zat lainnya yang tidak dapat diserap akan menjadi urin primer.  Urine primer masuk ke dalam tubulus distal dan akan terjadi penambahan zat-zat (Augmentasi) pada saat ini urine primer berubah menjadi urine sekunder. Urine sekunder akan diwarnai oleh bili rubin dan bili verdeen yang dihasilkan oleh hati dengan warna coklat kekuning-kuningan. bili rubin untuk air kencing dan bili verdeen pada tinja.  
Itulah mengapa tinja berwarna kuning









0 komentar

Post a Comment