Friday 20 April 2018

Mengapa Badan Bisa Pegal?




    
Setelah beraktivitas dan bekerja keras sepanjang hari membuat badan kita pegal bukan?  Terasa nyeri di bagian tertentu di tubuh dan kadang bisa di seluruh tubuh.  Nah pasti temen-temen pernah merasakannya bukan? Tau ga sih apa yang menyebabkan badan bias pegal-pegal atau linu?
Kali ini Faktobulary akan menjelaskan ke temen-temen kenapa sebabnya.

Badan pegal adalah kondisi yang sangat tidak mengenakkan yang disebabkan oleh penumpukan asam laktat di dalam tubuh. Asam laktat adalah hasil dari proses perubahan energi yang anaerob yaitu yang tanpa udara (oksigen). Kita tahu bahwa energi itu termasuk energi yang menggerakkan otot-otot kita berasal dari molekul yang sering disebut dengan ATP (adenosin tri fosfat).  Dan sumber energi itu dari glukosa. Pada kegiatan aktifitas yang normal glukosa sebagai sumber energi menggunakan proses aerobik. Nah bila kegiatan kita berlebih dan kebutuhan oksigennya kurang maka akan terjadi proses anaerob. Nah inilah yang menimbulkan penumpukan asam laktat dan dan akan menjadi penyebab pegal.
            Nah, oleh karena proses itu kita semua bisa mengalami pegal di tubuh.  Ada berbagai cara nih buat temen-temen agar badan temen-temen tidak terasa pegal walaupun sudah bekerja dari malam sampai malam lagi.
1.      Istirahat yang cukup
2.      Melakukan perenggangan
3.      Cukup minum air
4.      Perbanyak makan pisang
Dijamin untuk temen-temen yang melakukan tips di atas nyeri pegal-pegal akan hilang.


0 komentar

Post a Comment