Friday 8 May 2015

Mengukur Kecepatan Cahaya Menggunakan Sebatang Cokelat

Sebelumnya, Apakah benar Anda bisa mengukur kecepatan cahaya tanpa menggunakan alat yang canggih, hanya menggunakan sebatang cokelat dan oven microwave?

Oke, meskipun banyak sekali orang yang bingung tentang eksperimen ini, namun ini benar-benar eksperimen yang mengguncang ilmu pengetahuan dan memungkinkan anda untuk menghasilkan di rumah anda sendiri


Yang Dibutuhkan:



  • Sebatang Cokelat (lebih panjang lebih baik)
  • Sebuah Mistar
  • Sebuah oven microwave
Yang harus anda lakukan:

  1. Keluarkan piringan putar yang berada di dalam oven anda-batang cokelat dibuat tak bergerak
  2. Letakkan Coklat di dalam oven dan masaklah dengan kekuatan tinggi sampai mulai meleleh pada dua atau tiga titik
  3. biasanya tunggu sampai 40 detik. Dan batas maksimalnya yaitu 60 detik tidak boleh melebihi









Yang akan anda lihat
: Karena coklat itu tidak berputar, gelombang mikro itu tidak secara merata terdistribusi ke seluruh batang cokelat dan beberapa titik di cokelat itu akan mulai meleleh pada wilayah dengan intesitas tinggi atau hotspots. Singkirkan batang cokelat itu dari oven dan ukur jarak antara gumpalan yang berdekatan dari cokelat yang meleleh itu.

Apa yang terjadi: Di sini, frekuensi gelombang mikro menjadi kuncinya. Sebuah oven standar mungkin akan mempunyai frekuensi 2,45GHz (Angka tersebut harusnya disebutkan dibelakang oven atau dibuku petunjuk). Jika oven anda mempunyai frekuensi 2,45 GHz, artinya microwave itu berosilasi 2.450.000.000 kali dalam sedetik (Anda dapat menyesuaikan angka tersebut dengan frekuensi oven Anda). Gelombang mikro adalah bentuk radiasi elektromagnetik dan oleh karena itu berjalan dengan kecepatan cahaya. Jika Anda mengetahui frekuensi gelombang mikro tersebut, mengetahui panjang gelombangnya akan membantu anda menghitung seberapa cepat cahaya berjalan.



Di sinilah cokelat berfungsi. Jarak antara gumpalan cokelat yang meleleh adalah separuh dari panjang gelombang mikro di dalam oven Anda, Jadi kalian kalikan dua ukuran yang anda dapatkan dari jarak antara gumpalan lelehan untuk mencari panjang gelombang mikro. Dalam microwave oven New Scientist , jarak antara gumpalan cokelat yang meleleh adalah 6 cm, sehingga panjang gelombang dalam oven 2,45 GHz kami adalah  12 cm.

Untuk menghitung kecepatan cahaya dalam sentimeter per detik, Anda perlu mengkalikan panjang gelombang ini dengan frekuensi gelombang mikro: 12 x 2.450.000.000 = 29.400.000.000, yang mendekati kecepatan sesungguhnya dari cahaya sebesar 29.979.245.800 cm per detik (atau 299.792.458 m per detik sebagaimana dinyatakan).

Cobalah sendiri, dengan mengukur seakurat mungkin untuk mendapatkan angka yang lebih mendekati kecepatan sesungguhnya. Jika batang cokelat Anda didinginkan sebelumnya, bidang-bidang yang meleleh cenderung lebih berbeda pada saat mereka muncul pertama kali. Tentu saja, Anda bisa mendapatkan beragam batang cokelat, yang semuanya lezat rasanya pada saat sedikit meleleh, akan membantu riset Anda. Ilmuan sejati mengetahui bahwa senantiasa penting untuk memeriksa ulang hasil yang diperoleh.






2 komentar:

  1. selain coklat bisa pake apa lagi?? haha

    ReplyDelete
  2. The best slots games 2021 - DrmCD
    Slot Machine · Starburst · 삼척 출장샵 Gonzo's Quest 광명 출장마사지 · Super 대구광역 출장마사지 Juicy 7 · Desert Strike: Return to 청주 출장마사지 the Gulf · Crazy Taxi · Super-Lo-Mania: 창원 출장샵 The Secret of Monkey

    ReplyDelete