Saturday 23 January 2016

Mengapa air dan minyak tidak dapat bersatu?


     Dalam dunia pertemanan, kadang-kadang ada orang yang tidak bisa bergaul dengan teman-teman yang lain.  Hubungan orang ini dengan teman-temannya sering diumpamakan bagai air dan minyak.  Saat minyak ditumpahkan ke dalam air, minyak tidak dapat bercampur dengan air dan membentuk bulatan-bulatan.



     Air dan minyak memiliki massa jenis yang berbeda.  Massa jenis pada zat cair atau zat padat dapat memberitahu kita jenis suatu zat, yang memiliki massa dan volume yang tetap.  Massa jenis air lebih besar daripada minyak sehingga air akan tenggelam ke bawah, sedangkan minyak yang massa jenisnya lebih kecil akan terapung di atas air.

     Oh iya! Apa kalian tahu mengapa jika kita memasukkan air ke minyak yang panas akan terdengar bunyi "pletak pletok"?  Apa hal itu terjadi karena perbedaan masa jenis juga?Bukan.  Itu karena perbedaan titik didih minyak dan air.  Titik didih air adalah 100 derajat celcius, sedangkan titik didih minyak adalah 150 derajat celcius.  Jika air masuk ke dalam minyak mendidih, dalam sekejap air akan berubah menjadi gas.  Air yang berubah menjadi gas ini volumenya membesar dan terdengarlah suara "pletak pletok".















0 komentar

Post a Comment