Sunday 22 April 2018

Hujan Es yang terjadi di Bandung, Mengapa bisa ada hujan es di daerah tropis?


Hujan adalah fenomena biasa yang terjadi di daerah yang dilintasi oleh garis khatulistiwa atau daerah tropis.  Namaun anehnya, hujan yang terjadi di Kota Bandung berbentuk padatan es.  Mengapa hujan es bisa terjadi di daerah tropis dan apa penyebabnya?
 Kali ini, Faktobulary akan menjelaskan ke temen-temen bagaimana hujan yang berbentuk es dapat terjadi di daerah tropis.
 Hujan disertai angin kencang terjadi di Kota Bandung pada Rabu (19/4/2017).  Hujan tidak berbentuk cair melainkan es. 

Nah, ada dua kondisi mengapa hujan es dapat terjadi.  Pertama, dalam masa pancaroba atau musim penghujan, hujan tidak turun selama tiga hari maka pada hari keempat hujan akan turun dengan bentuk padatan es yang disertai angin kencang.  Kedua, hujan tetap ada.  Namun pada pagi hari terasa lebih terik, kelembaban tinggi, dan ada beda suhu yang besar dalam satu hari.
 Dikarenakan dua kondisi tersebut memicu tebentuknya awan kumolonimbus yang mengakumulasikan air.  Awan jenis tersebut lebih mengakumulasikan air dalam bentuk padat/es daripada cair Dengan demikian hujan yang turun dapat berbentuk es.
 “Pagi hari cuaca cukup terik.  Radiasi matahari optimum dan kelembaban tinggi, lebih dari 70 persen,”kata Hary, melihat kondisi Bandung hari itu.
“Selain itu, ada perbedaan suhu  yang besar antara pukul 7 pagi sampai 10 pagi.  Perbedaanya lebih dari 5 derajat celcius,” imbuhnya saat dihubungi Kompas.com
 Nah, sekarang temen-temen tau kan? Kenapa bisa terjadi hujan es di negara tropis seperti Indonesia.



0 komentar

Post a Comment